Post Page Advertisement [Top]

Bagaimana kondisi rumah sederhana yang baik



Rumah Sederhana, Bandar Lampung - Rumah merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting selain sandang pangan. Rumah menanggapi kebutuhan akan keamanan, kebebasan, dan ekspresi gaya hidup. Rumah juga merupakan ruang untuk mendidik generasi penerus, mengembangkan budaya negara dan meningkatkan karakter masyarakat di masa depan serta merupakan ekspresi identitas. Rumah adalah tempat untuk membangun hubungan dengan orang lain, tetangga dan anggota masyarakat. Manusia yang tinggal di dalam rumah yaitu manusia dan lingkungan saling berinteraksi, dan hasil interaksi tersebut mempengaruhi perilaku manusia yang tinggal di dalam rumah tersebut. Ruang hidup yang baik akan membuat rumah berfungsi sesuai keinginan penghuninya. Deskripsi situasi perumahan bagus

Dalam UU no. 4 tahun 1992 tentang rumah dan tempat tinggal, rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau tempat tinggal yang mempunyai perlengkapan dan fasilitas lingkungan hidup, sedangkan tempat tinggal adalah bagian lingkungan hidup di luar kawasan keamanan, baik di perkotaan. dan pedesaan. tempat yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau tempat tinggal dan tempat kegiatan yang menunjang kehidupan dan penghidupan.

Perumahan adalah cara hidup bermasyarakat yang harus memiliki fasilitas dan perlengkapan untuk menciptakan lingkungan sosial dan ekologis. Oleh karena itu, rumah dan ruang hidupnya memiliki peran dan fungsi penting dalam kehidupan manusia dan masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan rumah sehat?

Rumah adalah struktur atau bangunan fisik yang dimaksudkan untuk tempat tinggal, di mana lingkungan yang sehat mendukung kesehatan fisik dan mental dan kondisi sosial, serta kesehatan keluarga dan individu. (Komisi WHO untuk Kesehatan dan Lingkungan, 2001). Dikutip dari eprints.ums.ac.id, Menurut Badan Kesehatan Indonesia (2012), rumah sehat adalah rumah yang memenuhi kebutuhan paling dasar seperti air bersih, kamar mandi bersih, lantai, AC, dan penerangan.

Bagaimana ciri-ciri rumah sederhana sehat diuraikan berikut ini:

Bentuk rumah sederhana Sehat

  • Lokasi 

Keputusan membeli atau membangun sebuah rumah setidaknya harus mempertimbangkan faktor lokasi rumah yang strategis, kemudahan aksesibilitas dan transportasi umum dari dan ke tempat tujuan rutin (kantor, sekolah, pasar). Penyediaan jalur pejalan kaki dan bersepeda mendorong warga menggunakan kendaraan pribadi seefisien mungkin.


  • Pengaturan ruang 

Denah ruang terbuka, meminimalkan dinding pembatas (ruang terasa lapang), dan penggabungan multifungsi ruang. Sirkulasi antarruang menyatu dengan aktifitas orang di dalamnya. Ruang berkesan lebih hangat dan akrab.


  • Taman

Taman dan teras depan serta teras belakang (jika ada) dioptimalkan. Teras depan dan carport dijadikan ruang tamu formal, tempat bermain anak-anak, dan parkir kendaraan.


  • Dapur 

Dapur serba praktis. Dapur juga dapat disatukan dengan teras belakang sebagai ruang makan terbuka, ruang keluarga, dan ruang belajar anak, dengan pengaturan waktu berbeda.


  • Kamar Mandi

Kamar mandi memerlukan penanganan khusus, seperti utilitas sanitasi, penggunaan perabotan, pemilihan bahan, hingga tema warna yang dipakai. Peranti utama kamar mandi meliputi kloset jongkok, bak mandi atau shower. Bahan lantai dari keramik atau teraso bertekstur kasar agar tidak terpeleset dan berukuran kecil untuk memperluas kesan ruang.


  • Bahan Bangunan

Bahan bangunan harus kokoh dan tahan lama serta sehat (tidak menyebabkan penyakit). Atap asbes masih tidak direkomendasikan oleh para arsitek karena dianggap kurang sehat.


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]