Post Page Advertisement [Top]

Langkah langkah membuat rumah tinggal sederhana



Rumah sederhana- Banyak orang yang mendambakan untuk memiliki rumah sendiri. Tentunya ada cara untuk mendapatkan hal itu, mulai dari membeli rumah jadi sampai membangun rumah dari nol. Ketika memilih untuk membeli rumah jadi, memang segalanya terlihat lebih praktis. Segala macam fasilitas, spesifikasi hingga desain rumah sudah tersedia. Namun perlu diingat, semua konsepnya adalah milik pengembang.

Rancangan sampai konsepnya pun bisa disesuaikan keinginan dan kebutuhan. Memang awalnya akan sedikit rumit serta butuh kesabaran. Tapi membangun rumah atas keinginan sendiri seolah memberi kepuasan bagi Sahabat sebagai pemilik rumah.

Tahapan membuat rumah sederhana

Dalam mendirikan sebuah membuat rumah sederhana, tentu saja tetap membutuhkan perencanaan yang matang dan efisien. Pasalnya dalam membangun rumah selain biaya pengeluaran yang dianggarkan untuk bahan-bahan dan material pemilik juga harus mempertimbangkan biaya sewa pekerja bangunan yang terhitung sesuai kontrak. Berikut ini langkah-langkah dasar dalam menyusun perencanaan membangun rumah.

Perencanaan keuangan

Perencanaan pembangunan meliputi beberapa aspek penting dari jumlah perencanaan pengeluaran per harian atau bulanan, estimasi waktu pembangunan, biaya konsumsi, biaya legalitas tanah dan bangunan, desain bangunan. Semua aspek dalam perencanaan untuk membangun rumah tentuanya harus di topang dengan perencanan keuangan yang matang.

Perencanaan bangunan 

Pada tahap merencanakan bangunan hal pertama yang harus diketahui adalah luas lahan untuk bangunan. Cara mengetahui luas lahan yang di butuhkan adalah. mengurangi total pengeluaran untuk kebutuhan di luar biaya bangunan (seperti listrik, PDAM, IMB, tampon air, furniture, taman, dll). Total biaya diluar kebutuhan tersebut kemudian disisihkan 80%-nya untuk biaya bangunan utama dan 20%-nya untuk alokasi dana darurat atau pembengkakan biaya. 

Desain rumah 

Merencanakan bentuk rumah sesuai keinginan sebenarnya dapat dilakukan sendiri namun hal ini beresiko menyebabkan bongkar pasang yang sebenarnya tidak perlu terjadi apabila desain rumah tidak dibuat dengan cermat.

Jasa pekerja bangunan

Hal yang penting dilakukan adalah survey langsung dan pastikan untuk memperoleh pekerja bangunan yang sudah terpercaya dalam membangun rumah. 


Memperoleh bahan material 

Material awal yang harus diperoleh adalah pondasi yang meliputi pasir, batu kali, batu bata, semen, kawat pondasi dan lainnya. Lakukan survey harga pada toko-toko material yang tersedia di lingkungan terdekat dan pilih toko dengan penawaran harga terbaik karena dalam proses pembangunan pemilik akan terus menerus melakukan pembelian.

Masih ragu mau membangun rumah sendiri? Yuk lihat apa saja sih keuntungannya kalau membangun rumah dari nol?

  1. Bisa di selesaikan 

Agar hasilnya lebih bagus, baiknya konsultasi dengan desainer terpercaya sebelum pembangunan dimulai. Manfaatkan juga segala macam referensi untuk membuat rumah jadi lebih bagus.


  1. Tak ada kejutan berujung kekecewaan 

Kondisi-kondisi seperti itu bisa berujung kekecewaan hingga akhirnya harus menambah beban keuangan karena harus membenahi partisi yang rusak. Nah, beberapa kejutan di atas sudah pasti tidak akan Sahabat temui jika membangun rumah dari nol.


  1. Biaya sesuai budget

Mau punya hunian mewah atau minimalis? Semua bisa diatur dari dana yang disiapkan. Bahkan kalau budgetnya terbatas banget, pembangunan rumah bisa semampunya, kemudian hari bisa diupgrade perlahan hingga terwujud rumah impian.


  1. Harga tanah lebih murah dari pada rumah jadi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, keputusan membangun rumah memang butuh kesabaran, jadi memang cocok bagi Sahabat yang tidak buru-buru mau menempati rumah.


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]